Ingin Web Atau Blog Terlihat Profesional ? Kalian Wajib Beli Domain dan Hosting Murah Berikut !!!


Beberapa wakatu lalu kawan admin ada yang bertanya, sebenarnya hosting dan domain itu apa ? dan cara mendapatkannya itu bagaimana ?



Mungkin banyak orang sudah tahu apa perbedaan antara hosting dan domain. namun tidak menutup kemungkinan banyak juga yang belum mengetahui perbedaan antara kedua nya.

Dalam artikel ini admin akan sedikit memberikan informasi tentang perbedaan keduaanya. namun sebelum ke pokok pembahasan ada baik nya kita biasakan membaca hingga selesai karena agar tidak mendapatkan informasi yang keliru. heheee

Pertama kita mulai dari perbedaan hosting dan domain, dikutip dari laman domainesia.com

Domain

Domain adalah nama atau alamat dari suatu website. Keberadaan domain ini juga tidak kalah penting jika dibandingkan dengan Hosting. Tanpa domain, website tidak akan memiliki nama. Bagaimana orang lain bisa tahu dan berkunjung ke website anda jika website tersebut tida memiliki nama? Apa yang harus mereka klik di search engine? Haruskan orang lain membuka website melalui IP Address? Tidak mungkin! Maka dari itu hadirlah Domain untuk melengkapi Hosting. Domain digunakan untuk memberikan nama alamat dalam website anda. Ada 2 jenis domain yaitu Domain gTLD (domain global) dan Domain ccTLD (domain id).

Pertama, Domain gTLD adalah domain global dan tidak memiliki syarat apapun. Contoh dari domain gTLD seperti : .com , .net , .org , dan sebagainya. Sedangkan Domain ccTLD adalah domain indonesia (id). Domain id diatur oleh PANDI. Contoh dari domain id seperti : .co.id , .my.id , .id , dst. Berbeda dengan domain gTLD, khusus domain ccTLD (domain id) memiliki syarat tertentu yang sudah dikeluarkan oleh PANDI. Silahkan baca syarat id untuk melihat syarat-syarat apa saja untuk domain ccTLD. Keduanya bisa anda pesan dalam jangka waktu untuk berlangganan minimal 1 tahun.

Setiap orang bebas memilih nama domain untuk website yang dimiliki. Satu nama domain hanya berlaku untuk 1 pengguna. Sifat domain tidak bisa di “keep” atau di “booking”. Jadi, jika anda ingin order sebuah nama domain dan sudah fix memiliki nama domain yang diinginkan, silahkan langsung ketik nama domain yang anda inginkan di halaman pesan domain murah. Jika sudah selesai melakukan pemesanan, jangan lupa segera lunasi pembayarannya agar nama domain yang anda inginkan tersebut tidak digunakan oleh orang lain dan bisa segera aktif agar bisa anda gunakan. Ingat! Pastikan anda sudah tahu nama domain yang ingin digunakan sebelum melakukan order! Jika ada salah dalam penulisan nama domain, anda tidak dapat melakukan refund!

Hosting
Hosting adalah tempat untuk meletakkan file website. Kita ambil mudahnya saja ya. Apabila website anda di ibaratkan sebuah bangunan rumah, hosting adalah kavling tanah yang dipetak- petak tempat dibangunnya rumah sedangkan domain adalah nama alamat dari bangunan/ rumah anda.

Dikutip dari wpbeginner, Hosting memiliki fungsi sebagai tempat atau media untuk menyimpan segala file yang ada pada website. Hal tersebut bertujuan agar website anda nantinya dapat di akses oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun. File-file yang ada di dalam website harus disimpan dalam sebuah server Hosting. Nah, server Hosting ini tentu saja harus full selama 24 jam. Jika server down, maka website tidak akan bisa diakses. Untuk itu, pastikan website anda diletakkan di hosting terbaik dengan garansi 99,9% uptime. Ketika anda sudah memiliki Hosting, maka nantinya juga akan mendapatkan akses cPanel Hosting. cPanel Hosting adalah kontrol panel untuk pengelolaan hosting dan domain seperti membuat subdomain, melakukan hosting web, melakukan domain forwarding, mengelola SSL, membuat email domain, mengatur kapasitas hosting dan sebagainya.
Selanjutnya kita ke cara mendapatkan domain dan hosting,

Dalam hal ini , terdapat banyak penyedia layanan domain dan hosting yang bisa di jadikan alternatif untuk mendapatkan nya.
beberapa penyedia diantara nya :
- NiagaHoster
- Domainesia
- Indowebsite
- RumahWeb
Dan masih banyak lagi penyedia layanan lainnya.

Kebetulan admin berlangganan di salah satu penyedia tersebut yaitu NiagaHoster.

Untuk cara mendapatkannya itu sangat mudah sekali, kita hanya perlu registrasi dan melakukan tahapan - tahapan untuk menjadikan domain dan hosting milik kita, tentunya dengan berbayar.

Biaya sewa yang disediakan juga tidak begitu mahal , bahkan masuk kategori terjangkau.

Untuk yang ingin terjun di dunia web atau blog kalian wajib memiliki domain TLD yang memberi nilai plus terhadap website atau blog kita.
Sekian dulu artikel kita kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk semua nya.
Terima kasih

Salam sukses para pelaku IT sekalian

Salam IT :)

0 Response to "Ingin Web Atau Blog Terlihat Profesional ? Kalian Wajib Beli Domain dan Hosting Murah Berikut !!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel