Kartu Prakerja Yang MAsih Kurang Tepat Sasaran. Sedih :(

 


Dikutip dari idcloudhost - Kartu Prakerja adalah salah satu dari program pemerintah untuk mendukung tumbuh kembang perekonomian Indonesia. Hanya saja, krisis dan pandemi corona COVID-19 yang melumpuhkan banyak kegiatan sosial dan kegiatan ekonomi yang terkena imbas yang lebih parah lagi, membuat Presiden Joko Widodo akhirnya mengambil tindakan dan inisiatif.

Presiden memutuskan untuk mempercepat proses realisasi program pembagian dan pengadaan Kartu Prakerja Nasional lebih cepat dari rencana awal. Percepatan pengadaan kartu ini dilakukan untuk mengatasi banyaknya kasus pemutusan hubungan kerja atau PHK yang terjadi dimana- mana akibat pandemi corona yang  mewabah di banyak bagian daerah Indonesia.

Pemerintah akan segera merilis Kartu Prakerja 2020 nasional dalam waktu dekat ini, yaitu bulan April  yang akan diharapkan mampu untuk membantu pekerja Indonesia. Selain itu pemerintah juga akan menambah anggaran dana Program Kartu Prakerja dari yang semula berjumlah 10 triliun Rupiah, naik menjadi 20 triliun. Dengan meningkatnya anggaran ini juga nilai manfaat yang akan diterima peserta juga turut meningkat.

Peserta yang mendaftar dan lolos untuk mendapatkan Kartu Prakerja ini  masing- masing akan menerima uang sejumlah Rp 3.550.000 selama menjalani program. Apabila dirincikan lebih lanjut, bantuan intensif tersebut telah meliputi biaya pelatihan sebesar Rp 1.000.000 yang tidak dapat dicairkan, kemudian intensif setelah berhasil menuntaskan pelatihan dengan jumlah Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan masa pelatihan serta dana intensif survei sebanyak Rp 150.000

Manfaat & Syarat Mendaftar Kartu Prakerja

Dengan mengeluarkan Kartu Prakerja 2020 yang lebih awal di bulan April ini mengingat dampak pandemi corona yang besar terhadap perekonomian Indonesia, maka pemerintah berharap kartu ini akan memberikan manfaat dan solusi seperti :

 

-Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung oleh pihak pekerja dan perusahaan.

-Mampu mengurangi biaya dalam mencari informasi mengenai pelatihan

-Mendorong keberkejaan seseorang lewat pengurangan mismatch

-Menjadikan komplemen dari pendidikan formal

 

Berikut adalah beberapa Syarat dan Benefit mendaftar Program Kartu Prakerja :

 

-Program Kartu Prakerja adalah program pelatihan yang dibiayai oleh pemerintah.

-Semua orang yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah / kuliah dapat mendaftar.

-Setelah menyelesaikan pelatihan, kamu akan mendapatkan insentif dalam bentuk biaya setiap bulannya. Adapun -total yang didapatkan sebesar Rp 3.550.000 dengan bentuk terdiri dari Biaya pelatihan sebesar Rp 1 Juta, Insentif --Pasca pelatihan sebesar Rp 600 Rb / Bulan selama 4 Bulan, dan insentif survey keberkerjaan dengan total Rp 150 rb

 

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

Benar itu merupakan pengertian dan manfaat kartu prakerja bagi masyarakat indonesia tapi hanya yang bisa dapat saja.


Kalau seperti admin sendiri masih sangat jauh kayaknya kalo mau dapet prakerja.

Soalnya admin sudah 5 kali mendaftar dan hasilnya tidak pernah di terima. Untuk yang senasib sama admin boleh tuliskan keluh kesah nya di komentar.

Karena menurut admin ini hanya pendapat saja, untuk yang mendapatkan kartu prakerja ini rata rata masih kurang tepat sasaran, contohnya :

- Orang yang sudah bekerja, tetapi masih bisa mendapatkan bantuan prakerja

- Masih berkuliah tetapi masih bisa mendapatkan bantuan prakerja

Sedangkan yang benar benar tidak bekerja dan berkuliah malah sama sekali tidak di terima , dalam hal ini bisa kita simpulkan bahwa seleksi masih kurang ketat dan masih bisa di tipu daya oleh masyarakatnya.

Pesan untuk pemerintah, harus benar benar bijak dan ketat dalam seleksi prakerja ini karena ini merupakan hak Semua masyarakat indonesia bukan hanya kaum kaum yang pintar saja.

Saya menulis artikel ini hanya berbagi pengalaman saja dan ini real terjadi k=di kehidupan nyata yyaaaaaaaaaa....

dan terakhir semoga saja untuk para pejuang kartu prakerja yang memang benar benar membutuhkan bantuan itu dapat segera di terima dan cairkan..

dah lah bingung mau ngetik apalagi, satu hal yang saya rasakan saat ini adalah kecewa. . . . .

semangat pemerintahan ku semoga kau lebih bijak dan tepat sasaran lagi. . . . .

0 Response to "Kartu Prakerja Yang MAsih Kurang Tepat Sasaran. Sedih :("

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel