MASALAH YANG PALING SERING TERJADI PADA SMARTPHONE ANDROID DAN BAGAIMANA SOLUSINYA


Smartphone merupakan alat elektronik yang wajib di miliki untuk zaman modern sekarang ini , dengan smartphone kita hampir bisa melakukan apa saja. Jadi agak kurang update jika kita masih belum memiliki smartphone dalam keseharian kita. Dengan smartphone kita bisa meakukan kegiatan belajar, bekerja, komunikasi, berbisnis dan masih banyak lagi.

Nah jika kita memiliki smartphone maka kita pun harus bisa menggunakannya dengan sebaik mungkin. Walaupun smartphone merupakan barang elektronik tetapi kita harus tetap menjaga kondisi nya demi kenyamanan kita juga nantinya.

Kali ini admin akan membahas masalah – masalah yang biasanya sering terjadi pada smartphone kandroid dan bagaimana cara mengatasinya. Silahkan di baca sampai selesai dan praktekkan pada real life kalian yaa..

Berikut masalh yang sering terjadi pada smartphone :

 

1. HANG

Hang merupakan salah satu masalah yang sering atau umum terjadi pada sistem operasi Android, karena banyak pengguna yang kurang mengontrol pemakaian memori internal (RAM dan ROM) yang terlalu penuh. Sehingga sistem operasi Android menjadi lambat dan mengakibatkan Hang. Semua smartphone pasti bisa mengalami hal ini dan pastikan kalian tahu cara mengatasinya.

 Solusinya adalah:

 1. Menghapus aplikasi dan game yang sudah atau tidak Kalian perlukan lagi

2. Memindahkan aplikasi dan game yang tersimpan di memori internal ke memori eksternal

3. Rutin dalam menghapus file sampah (cache) yang dalam hal ini Kalian bisa menggunakan bantuan dari aplikasi pembersih file sampah, seperti: Clean Master dan App Cache Cleaner

 

2. BATERAI CEPAT HABIS

Baterai merupakan komponen paling penting dalam android kita, karena tanpa baterai smartphone tidak akan mungkin bisa di opaearasikan. Untuk masalah yang sering terjadi adalah baterai sering cepat kehabisan daya. Salah satu faktor yang menjadi penyebab cepat habisnya daya baterai pada smartphone Android kalian adalah pemakaian yang tidak wajar alias berlebihan.

 Solusinya adalah:

 1. Hindari pemakaian smartphone yang berlebihan

2. Redupkan atau kurangi tingkat kecerahan layar

3. Matikan fitur-fitur yang sedang tidak digunakan

 

3. SUHU SMARTPHONE CEPAT PANAS

Permasalah dengan tingkat suhu pada smartphone Android yang semakin cepat panas juga merupakan masalah yang sering kali dialami oleh pengguna. Sebenarnya banyak faktor yang bisa meningkatkan suhu smartphone menjadi panas, diantaranya:

 1. Adanya kerusakan pada Baterai

2. Menjalankan aplikasi secara bersamaan (multitasking)

3. Sistem Android terinveksi Virus/Malware

4. Susah mencari sinyal

 Solusinya adalah:

 1. Ganti baterai apabila baterai sudah rusak

2. Tutup semua aplikasi yang berjalan di belakang layar

3. Gunakan aplikasi anti virus/malware

4. Matikan koneksi data apabila Kalian sedang berada di tempat yang sinyalnya kurang bagus

 

4. APLIKASI ANDROID MENDADAK BERHENTI

Untuk masalah yang satu ini biasanya umum terjadi karena pengguna terlalu banyak meng-install aplikasi dan game sehingga memori RAM menjadi penuh. Jadi ketika kalian sedang menjalankan salah satu aplikasi atau game tiba-tiba muncul peringatan "Aplikasi ini Mendadak Terhenti" maka kalian harus melakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengatasinya:

 1. Restart smartphone

2. Memberhentikan aplikasi secara paksa

3. Membersihkan file-fila sampah

4. Update aplikasi yang bermasalah

5. Update sistem operasi jika memungkinkan

 

5. LAYAR SENTUH TIDAK SENSITIF

Masalah pada layar sentuh yang tiba-tiba kurang atau tidak sensitif ini juga bisa dibilang sering dialami oleh pengguna smartphone Android. Untuk mengatasinya kalian bisa melakukan langkah-langkah dibawah ini:

 

1. Restart smartphone

2. Membersihkan file sampah

3. Kalibrasi layar

 

6. SISTEM MENGALAMI BOOTLOP

BootLop adalah suatu masalah dimana keadaan sistem Android tidak dapat melakukan proses awal (booting) sehingga tidak dapat masuk ke menu utama dan hanya menampilkan kalian dari merk smartphone yang Kalian gunakan. Solusi yang bisa Kalian lakukan adalah dengan mematikan smartphone Kalian dan mencabut baterainya untuk beberapa saat sebelum Kalian menyalakan kembali smartphone.


7. GHOST TOUCH

Masalah ini juga sering terjadi pada smartphone yang kita miliki, Ghost Touch merupakan keadaan dimana layar kita bergerak sendiri seperti ada yang menyentuk padahal kita tidak mengoprasikannya. Nah masalah pada Ghost Touch ini disebabkan oleh kondisi layar lcd yang bermasalah dan sudah dalam kondisi yang tidak prima lagi.

Solusi dari permasalah ini:

1. Langkah pertama adalah kita lakukan Restart ulang smartphone, biasanya dengan kita restart ulang smartphone akan kembali normal.

2. Jika kita sudah melakukan restart dan hasilnya masih sama saja, alangkag lebih baiknya kita cek perangkat kerasa dalam hal ini adalah layar nya ke tempat service.


Nah itu dia beberapa masalah yang sering dialami pada sistem operasi Android dan bagaimana cara mengatasinya. Tapi, kadang masalah-masalah yang sudah disebutkan tadi bisa diatasi hanya dengan me-restart smartphone Android Kalian.

1 Response to "MASALAH YANG PALING SERING TERJADI PADA SMARTPHONE ANDROID DAN BAGAIMANA SOLUSINYA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel