Driver Laptop / PC Yang wajib terinstall beserta fungsinya, 100% Work

Driver merupakan suatu software yang di gunakan sebagai perantara antara software dengan hardware agar saling dapat berkomunikasi. Driver berfungsi untuk menghubungkan perangkat lunak dengan perangkat keras yang sifatnya wajib terinstall di komputer kita. 



Ketika driver tidak terinstall maka program tidak akan terhubung dengan hardware yang akan kita gunakan. Sebagai contoh yaitu printer, jika driver printer tidak terinstall di komputer maka proses print tidak akan bisa di lakukan sampai kapan pun.

Setelah mengetahui sedikit tentang driver admin akan memberikan daftar driver yang wajib terinstall di komputer kita.

1. Driver VGA (Display Adapter)

Yaitu driver untuk interface dekstop, jika tidak terinstall maka tampilan windows kita tidak akan friendly dan terkadang membuat jengkel juga. wkk
Jadi fungsi dari driver ini adalah untuk mengubah tampilan dekstop kita agar lebih smooth dan user friendly lagi.

2. Driver USB (Universal Serial Bus Controller)

Jika driver ini tidak terinstall maka kita akan kesulitan melakukan pekerjaan yang biasanya menggunakan perangkat  tambahan seperti external harddisk , flashdisk, external cdroom dan sebagainya. Karena tidak akan bisa terkoneksi ke komputer kita apabila tidak terinstall.

3. Driver System Device

Ini merupakan driver yang sangat penting, karena berkaitan dengan sistem yang digunakan komputer kita. Biasanya akan terinstall otomatis ketika kita install windows pertama kali dan penginstallan aplikasi DriverPack.

4. Driver Disk Device

Driver ini merupakan driver yang akan membaca harddisk komputer kita, dan jenis harddisk yang kita gunakan.

5. Driver Keyboard

Biasanya terdapat 2 jenis keyboard yang di gunakan, yaitu : Usb keyboard dan Serial keyboard. Jadi driver ini menangani tentang keyboard yang kita gunakan.

6. Driver Proccessor

Driver proccessor merupakan driver yang akan membaca jenis proccesor yang kita gunakan dan merupakan driver sangat penting yang harus terinstall di komputer kita.

7. Driver Network Adapter

Driver ini wajib terinstall juga pada komputer kita, karena apabila tidak kita akan kesulitan untuk mengakses jaringan seperti peer to peer ataupun internet.

8. Driver Computer

Yaitu driver yang akan memberikan informasi mengenai sistem operasi apa yang kita gunakan dan juga jenisnya.

9. Driver Sound , Video and game controller

Driver yang menangani sound dan video game agar dapat kita gunakan pada komputer kita, Jika driver ini tidak terinstall maka kita tidak akan bisa mendengarkan musik dan game yang terdapat pada komputer kita.

10. Driver Pendukung lainnya

Dengan driver pendukung lainnya kita akan lebih mudah menyesuaikan apa apa saja keperluan kita untuk aktivitas yang akan kita jalan kan menggunakan koputer, dan driver pendukung harus cocok untuk spesifikasi komputer yang kita gunakan.
Terkadang jika driver tidak cocok, itu akan mempengaruhi kinerja komputer bahkan sampai tidak bisa digunakan sama sekali. Jadi kita perlu hati hati dan teliti juga dalam penginstallan driver yang akan di gunakan.

Sekian dulu artikel pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kawan -kawan semua dan apabila ada yang ingin ditanyakan dan ditambahkan silahkan langsung ke kolom komentar.

Terima Kasih
Salam IT!

0 Response to "Driver Laptop / PC Yang wajib terinstall beserta fungsinya, 100% Work"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel